strategi pemasaran dan mekanisme transaksi dalam E-commerce

  E-commrce sudah tidak asing lagi dalam kegiatan bisnis dewasa ini.perkembangan internet telah menyebabka   E-comn perbentuknya sebuah arena baru yang lazim di sebut sebagai dunia maya,dimana setiap individu,memiliki hak dan kemampuan untuk berhubungan dengan individu lain tanpa adanya batasan apapun  yang menghalanginya.Oleh karena itu,strategi bisnis dalam hal ini juga di kembangkan .

Berikut adalah strategi pemasaran dalam E-commerce dan juga mekanisme transaksinya:
1).Strategi Pemasaran dalam E-commerce
       Dalam menjalankan sebuah bisnis meskipun melalui E-commerce tetap membutuhkan strategi dalam pemasaran.Berikut adalah faktor dan strategi pasar:
a).faktor yang mempengaruhi pemasaran dalam E-commerce,sebai berikut:
   1).daur hidup produk  .               
   2).posisi persaingan perusahaan di pasar yang memanfaatkan e-commerce.
   3).situasi ekonomi.
   4).penggunaan media online.
b).strategi Pemasaran
       Berikut adalah beberapa strategi yang dapat di gunakan dalam melakukan pemasaran e-commerce:
   1).strategi pemasaran berdasarkan kebutuhan.dapat di bedakan menjadi empat sebagai berikut:
       a).mendorong kebutuhan primer dengan menambah jumblah pemakaian.
       b).mendorong kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
       c).mendorong kebutuhan slektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
       d).mendorong kebutuhan slektif dengan menjaring pelanggan baru.
   2).Strategi pemasaran berdasarkan media yang di gunakan,sebagai berikut:
       a).search engine                                          e).penggunaan blok
       b).optimalisasi gogle maps                         f).penggunaan video marketing
       c).kampanye pay per click(ppc)                 g).surat kabar di gital
       d).promosi di media sosial

2)Mekanisme transaksi dalam E-commerce
       Dalam bisnis konvensional sehari-hari,seseorang biasa melakukan pembayaran terhadap produk atau jasa yang di belinya melalui berbagai cara mekanisme dalam transaksi e-commerce,sebagai berikut:
a).konsumen mencari produk atau jasa yang di inginkan di internet dengan cara melakukan browsing terhadap situs-situs perubahan yang ada.
b).konsumen terhadap dengan sebuah halaman situs menanyakan berbagai informasi sehubungan dengan proses pembayaran yang di lakukan.
c).setelah konsumen mengisi formulir elektronik,maka perusahaan yang memiliki situs akan melakukan pengecekan berdasarkan informasi pembayaran yang telah di masukan ke dalam sistem
d).hasil dari proses otorisasi dan verifikasi oleh perusahaan secara otomatif akan"di informasikan"pada pelanggan melalui situs perusahaan.

#Berbagai cara biasa dilakukan oleh perusahaan maupum bank untuk membuktikan kepada konsumen,sebagai berikut:
1).pemberitahuan melalui email mengenai status transaksi jual beli produk atau jasa yang telah di lakukan.
2).pengiriman dokumen elektronik melalui email atau situs terkait yang berisi"berita acara" jual beli dan kuitansi pembelian yang merinci jenis produk atau jasa yang di beli berikut detail mengenai metode pembayaran yang di lakukan.
3).pwngiriman kuitansi pembayaran melalui kurir ke alamat atau lokasi konsumen 
4).pencatatan tranaksi pembayaran oleh bank atau lembaga keuangan yang laporannya akan di berikan secara priodik pada akhir bulan.

#prinsip-prinsip yang harus di perhatikan dengan sungguh-sungguh oleh mereka yang mengembangkannya sebagai berikut:
1).security
2).confidentiality
3).integrity
4).authentication
5).authorization
6).assurance






Comments